Cerita Dibalik Usaha Bakso Idol

Crew Bakso IdolSudah beberapa bulan saya meninggalkan bisnis Online yang telah saya bangun selama ini. Semua itu untuk mempersiapkan dan mendirikan usaha kuliner dalam hal ini “Bakso Idol“.Bagi teman2 yg tertarik tentang usaha yang saya rintis selama ini bisa mengikuti ulasan perjalanan usaha bakso yang saya didirikan lengkap dengan kendala yang di hadapi.

Usaha ini berawal dari keinginan saya untuk membuat usaha yang berhubungan dengan kuliner, jadi usaha apapun itu asal kuliner akan saya coba untuk membuatnya. Mungkin anda berpikir kalau saya seseorang yang suka masak atau segala sesuau yang berhubungan dgn hal tersebut.

Hmm ..”tidak”, saya hanya suka makan dan berjalan menyusuri warung2 kaki lima di Jakarta. Dari itu saya tertarik untuk terjun didalamnya (usaha kuliner), Lho tapi khan tidak bisa memasak, dan hal itu saya tidak termasuk kebanyakan orang. Kata temen saya : “Kamu masak air aja hangus” he..hee. Udah ah becandanya, mo dilanjutin ga nee..

Btw, sebelumnya perkenalkan nama saya Frantio saya seorang karyawan Swasta di salah satu perusahaan kimia di Bekasi, jadual kerja saya dengan sistem SHIFT membuat saya ingin memanfaatkan waktu luang di rumah yang di bilang cukup panjang.

Berawal obrolan dengan seorang teman yang mempunyai usaha warung soto ayam surabaya di daerah cililitan saya tertarik dengan omset yang dia dapat dari usaha tersebut. Ternyata usaha kaki lima yang dia bangun selama 5 tahun dapat menghidupi keluarganya bahkan lebih sejahtera jika dibanding karyawan swasta dengan level menengah.

Mungkin anda tidak percaya, tapi itulah kenyataannya jika dibanding dengan masa kerja seorang karyawan dengan lulusan SMA/STM dengan masa kerja 5 Tahun.

Dari obrolan tersebut membuat saya semangat untuk memulai mempelajari usaha semacam ini (kuliner). Saya estimasi biaya pendirian usaha dari pembelian bahan baku menghitung modal dagang, dan mencari pemodal serta karyawan untuk menjaga usaha saya karna saya harus bekerja sebagai karyawan.

Btw, sampai asaat itu saya masih belum bisa memasak he..hee. Mengutip kata2 MARIO TEGUH “saya akan menari walapun tidak bisa menari”. Artinya untuk memulai usaha kuliner/ apapun itu kita tidak perlu ahli dalam hal tersebut tetapi paling  tidak kita harus mau belajar dengan hall2 yang berhubungan dengan usaha tersebut.

Terdengar naif memang membuat usaha makanan kok ga bisa masak, tapi klo nunggu saya jago masak dulu kapan buka usahanya tho? he..hee.

Bersambung

Thanks For my patner “M. Ali Wibawa” tetap semangat sob..

4 pemikiran pada “Cerita Dibalik Usaha Bakso Idol

  1. Salam kuliner Mas Frans, salam kenal aq Adit dr malang Jatim mas 🙂 sng bgt bc artikelmu, aq juga mau buka warung bakso d dkt rumahku (mlg) nih mas, tp aq jg msh belum paham tentang bakso, klo mas berkenan mentoring saya, dg senang hati sy mau blajar ke mas Frans (khusunya utk membuka & mempertahankan usaha bakso) 🙂 . klo berkenan invite bbm aq mas: 22D91E4B

Tinggalkan komentar